Camat Tambusai: Jangan “Bermain-main” Dengan Dana Desa, Itu Untuk Masyarakat

0
463
Camat Tambusai: Jangan "Bermain-main" Dengan Dana Desa, Itu Untuk Masyarakat
Suasana saat musrembang tingkat kecamatan (Foto:FW) 

ROKAN HULU, Radar-X.Net – Saat ini seluruh Desa di polosok Indonesia termasuk di Wilayah Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau. Yang mana Desa kini menjadi pusat perhatian publik, karena beberapa sumber Dana mengarah pembangunan kesejahteraan masyarakat Desa. Baik dari Dana Desa (Pusat) ADD Provinsi dan ADD Kabupaten dan Kota setempat. Dan ini tidak tanggung-tanggung nilainya, bahkan mencapai 1,5 Millar.
Terkait hal itu, Camat Tambusai, H. Zahrial Lutfi, S.Sos. M.Si., dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan‎ (Musrembang) tingkat kecamatan, yang bertempat di aula pertemuan kantor camat setempat, Rabu (8/2/2017) belum lama ini, memita kepada para Kepala Desa(Kades) di wilayahnya untuk jangan “bermain-main” untuk gunakan dana desa, baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD kabupaten.
Pada acara itu, Tanpak hadir Anggota DPRD Rohul dari Fraksi PDIP, H. Porkot Hasibuan SH. Danramil Tambusai Utara Kapten Inf Yuhardi, Perwakilan Kapolsek Tambusai, para perwakilan OPD Rohul, ‎Kepala desa, BPD, dan undangan lainnya.
Zahrial mengungkapkan, saat ini anggaran yang diglontorkan di Desa sangat besar baik yang ‎bersumber dari APBN, APBD provinsi dan APBD kabupaten yang jumlahnya sekitar Rp 1,5 milir setiap desanya.
“Diharapkan penggunaan Dana Desa harus diatur di APBDes desa masing-masing, sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya(RAB) setiap kegiatan, sehingga itu menjadi Pedoman untuk penggunaan dana tersebut,” tegasnya.
Untuk itu, kata Zahrial, pihaknya kini sudah menjalin kerjasama dengan pihak kejaksaan, melalui TP4D untuk mengawasi anggaran yang ada di desa.
“Dalam mengawasi anggaran di desa kita sudah bekerjasama dengan pihak kejaksaan, sehingga anggran tersebut bisa tepat sasaran dilaksanakan,” ungkapnya.
Dijelaskannya, melalui musyawarah perencanaan daerah itu, Camat Tambusai berharap agar seluruh kepala desa bisa menyampaikan seluruh prioritas pembangunan yang dibutuhkan di masing-masing desa, terutama yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga nantinya usulan tersebut bisa dibawa ke musrembang pada tingkat kabupaten nantinya.
“Usulan dari masing-masing desa nantinya akan dibawa pada Musrembang tingkat kabupaten, sehingga pada tahun anggaran 2018 nanti bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (FW/Lis).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.