Camat Batukliang: “Awasi Program Yang Masuk Ke Desa”

0
770

Camat Batukliang: "Awasi Program Yang Masuk Ke Desa"
Foto: Zulkarnain

LOMBOK TENGAH, radar-x.net – Seringnya program pembangunan fisik yang masuk ke desa di Wilayah kecamatan Batukliang banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat, hal ini membuat masyarakat bertanya-tanya, program apakah ini dan dari mana program ini…? nada tersebut disampaikan oleh Camat Batukliang, H.Lalu Sabit, S.IP, pada saat acara pelantikan beberapa kepala dusun se-desa Mantang, Senin (30/01/2017).

“Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala dusun dalam membantu tugas kepala desa, tugas kepala dusun adalah mengawasi pelaksanaan pembangunan yang ada di wilayahnya, seperti datangnya program pembangunan dari tingkat Desa, Kabupaten, Provinsi, ataupun dari tingkat pusat, semuanya harus diawasi di wilayahnya masing-masing. Tapi terkadang ada program pembangunan dari kabupaten atau dari mana saja, kadang-kadang tanpa permisi. Sehingga, banyak masyarakat kita tidak mengetahui dan bertanya-tanya, program apakah ini dan dari mana,ini sering terjadi”,tandas Lalu Sabit.

“Apalagi di kecamatan, di tingkat desa saja tidak diketahui, bahwa tiba-tiba muncul program pembangunan di Wilayah itu. Ini sering terjadi”,tandas Lalu Sabit menambahkan.

Disinilah kita dituntut karena tugas dan tanggung jawab kita sebagai pemimpin di Wilayah kekadusan. Kepala dusun lah yang mengalah mencari tahu ataupun bertanya bagaimana tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Sehingga kepala desa mengetahui bahwa pelaksanaan program pembangunan itu bisa dilihat bagaimana dan sejauh mana dalam pelaksanaannya”, kata Lalu Sabit,menjelaskan.

Selain itu, kepala dusun memiliki tugas dan fungsi diantaranya, kepala dusun membantu tugas kepala desa di wilayahnya. Oleh karena itu harus berpedoman pada aturan yang ada. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan, melakukan upaya-upaya pelestarian adat istiadat, membantu menyelesaian permasalahan ditengah-tengah masyarakat, serta melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan lembaga-lembaga desa yang ada seperti BPD, Lembaga Adat, LKMD, serta karang taruna didalam melaksanakan tugasnya, karena kepala dusun saat ini adalah berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas di wilayahnya.

Didalam melaksanakan tugasnya, kepala dusun harus memiliki semangat kerja yang tinggi dan berpedoman pada aturan, sehingga dalam melaksanakan tugas tidak melampaui batas karena semangatnya dan tidak menimbulkan masalah-masalah ataupun persoalan-persoalan ditingkat Dusun atau tingkat bawah”, kata Lalu Sabit, menambahkan.

Pada acara itu juga, Camat Batukliang, menyampaikan bahwa semua desa di wilayah kecamatan Batukliang berada pada level aman. Bahkan, desa Mantang berada dalam kategori Swasembada. “Oleh karena itu, kepala desa Mantang untuk segera mengukuhkan kembali perangkat, kepala urusan, dan kepala seksinya bila SUTK nya telah selesai. Dalam pengisian jabatan yang baru ditingkat desa hendaknya berpedoman setelah SUTK nya dibentuk lalu disusun bersama dengan BPD atau Keputusan desanya ada, hendaknya berpedoman dari tingkat perkembangan desa. Di wilayah kecamatan Batukliang semua desanya berada pada kategori desa Swakarya, yang berarti dapat mengisi jabatan dengan tiga kepala urusan dan tiga kepala seksi. Berbeda dengan desa yang kategorinya desa swadaya, harus mengisi dua kepala seksi dan dua kepala urusan”, kata H.Lalu Sabit.(Zulkarnain/Ramdhan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.