Babinsa Dan Bidan Desa Sukseskan Bantu Pelayanan Pemasangan ‘IMPLAN’

0
470
Babinsa Dan Bidan Desa Sukseskan Bantu Pelayanan Pemasangan 'IMPLAN'
Suasana usai pemasangan implan (Foto:Sukri) 

BONDOWOSO, Radar-X.Net – Sinergitas Babinsa Dan Bidan Desa Bantu Masyrakat dalam pelayanan Pemasangan Alat Kontrasespsi (IMPLAN) Secara Gratis. Dalam hal ini, Sersan Dua Saiful Akbar Babinsa Desa Sumbersalak Kec. Curahdami dengan tulus dan ikhlas membantu Bidan Desa di lokasi pelayanan Alat kontrasepsi Pemasangan Implang oleh ibu-ibu di Depan Balai Desa Sumber Salak Kec. Curahdami, Kamis (23/02/2017)
Dalam pelaksanaan pelayanan pemasangan Alat kontrasepsi berupa Implan tersebut turut hadir Kepala Bidang Pelayanan KB KES Kab. Bondowoso, Danramil Curahdami Kapten Inf Muhammad Safri, SH,. serta Kepala Unit Pelaksana Tehnis KB KES Kec. Curahdami.
Pasalnya, sebelum pelaksanaan pelayanan Babinsa Sumbersalak Serda Saiful Akbar bertugas mendatangi Rumah Ibu- ibu yang sudah terdata dengn jumlah 15 orang untuk mengingatkan agar segera bersiap siap menuju lokasi pelayanan depan Balai Desa Sumbersalak.
Ironisnya, beberapa ibu-ibu terpaksa di jemput Babinsa karena jarak rumah dengan lokasi pelayanan Implang cukup jauh melewati jalan yang terjal dan berliku serta bergunung-gunung. Namun demikian masyarakat merasa senang karena tadinya harus di antar suami tidak punya kendaraan dan belum pulang karena masih bekerja di Kebun. Mayoritas ibu-ibu yang memasang Implan di suruh oleh suaminya. Sehingga ijin resmi dari suami masing-masing sudah ada.
Bidan Desa, Titin mengatakan, bahwa Pelaksanaan Pelayanan Implan merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling efektif dan efisien bila di bandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya.
“Satu kali pemasangan bisa bertahun tahun baru di ganti. Dan jarang sekali pengguna implang terjadi masalah sehingga di minati sebagian ibu-ibu.” Jelasnya
Danramil Curahdami Kapten Inf. Muhammad Safri, SH., ketika dimintai keterangan sangat mengapresiasi kerja sama serta sinergi Babinsa dan Bidan Desa. 
Dikatakannya, untuk itu kegiatan pelayanan gratis pemasangan Alat Kontrasepsi berupa Implan semacam ini jangan hanya di sosialisasikan dan di laksanakan di Desa Sumbersalak, akan tetapi bila perlu di seluruh Desa dan Kelurahan di Kec. Curahdami, guna membantu kesulitan masyarakat yang membutuhkan. 
“Saya berjanji akan terus bekerja sama dan bersinergi dengan Ka UPTD KB KES Kec. Curahdami, terutama Ka. Puskesmas Agar pelayanan alat kontrasepsi maupun pelayanan kesehatan lainnya di Desa terus kita tingkatkan sesuai dengan program dari Ka. UPTD KB Kes. Kec. Curahdami,” katanya. 
Ditambahkannya, yang paling penting lokasi pelayanan haruslah di dekatkan dengan menyiapkan mobil khusus pelayanan dari Kantor KB Kes. Kabupaten. Dan juga yang paling penting lagi pelayanan harus gratis kepada masyarakat. (Sukri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.