Kades Pujer Baru, Gelar Bedah Rumah Warga Miskin

0
951
Kades Pujer Baru, Gelar Bedah Rumah Warga Miskin
Situasi saat bedah rumah milik warga miskin Sulama (Foto:Abas) 
BONDOWOSO, Radar-X.Net – Pemandangan menyenangkan terjadi di Desa Pujer Baru Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Selasa (24/1/2017).
Ketika banyak Daerah lain menunggu dan berharap program bedah rumah dari pemerintah atau pihak-pihak lain, tidak demikian dengan Kepala Desa Pujer Baru. Dia mengeluarkan dana pribadi untuk memperbaiki rumah warga miskin yang sudah tidak layak huni hingga menjadi layak huni.
Abdul Halim Kepala Desa Pujer Baru yang terpilih  dan dilantik sejak 2014 lalu, yang terkenal mempunyai sosok jiwa sosial tinggi dan sering dibuktikan dengan berbakti juga merakyat. Bukan hanya merangkai kata tapi berbuat nyata, dibuktikannya beliau mengajak para kaur Desa dan  warga untuk bergotong royong dalam bermasyarakat. Hal ini di buktikan dengan memperbaiki  rumah milik “Sulama” warga miskin yang rumahnya sudah hampir roboh tepatnya di Dusun Rabeh RT.16/RW.05 Desa Pujer Baru.
Dikatakannya, meskipun saat ini Pemerintah Pusat sudah mengalokasikan sumber Dana Desa(DD) dan Anggaran Dana Desa(ADD), akan tetapi tetap saya budayakan yang namanya Gotong Royong dan saling menolong dengan harapan masyarakat bisa peduli terhadap sesamanya.
“Hal ini bukannya saya tidak mau memanfaatkan Dana Desa(DD) untuk mengalokasikan dana tersebut. Tiada lain tujuan saya, ini adalah contoh agar masyarakat tidak melupakan Budaya Gotong Royong yang wajib kita lestarikan dan ditanamkan kepada Masyarakat khususnya para pemuda, karna pemuda adalah  generasi bangsa,” Kata Halim.
Sementara salah satu Kaurengatakan, bedah rumah meskipun semuanya memakai kayu dan bambu akan tetapi, Dana tersebut adalah dana pribadi yang murni dari Kepala Desa kami, ini murni didasari kepedulian terhadap sesama,” unkap Suyit, saat di lokasi.
Ia menambahkan, bahwa seperti yang dikatakan Kepala Desa Pujer Baru Abdul Halim, beliau mengatakan keprihatinan terhadap warganya yang rumahnya sudah hampir roboh, hal ini ada salah satu  warga setempat menyampaikan, bahwa salah satu rumah warga miskin ada yang tidak layak huni.
“Akhirnya Abdul Halim berinisiatif untuk menanggung dana dari kantong pribadinya. Kami lansung datangi warga, untuk gotong royong dan Alhamdulillah ternyata banyak yang antusias saat kami utarakan niat kami. Bantuan juga datang dari warga setempat yang berupa makanan, rokok, kopi.” Jelas Suyit.
Sementara Sulama mengatakan, “saya terharu sekali, Pak Kades dan Jajaran Pemerintah Desa serta warga banyak yang membantu, dan peduli dengan kami. Nanti kalau rumah ini sudah selesai, saya bisa tinggal dengan tidak bimbang lagi akan kebocoran atap rumah disaat ujan.” ungkapnya dengan penuh haru.
Pantauan awak media RADAR-X dilokasi, rumah Sulama pun terlihat layak huni. Meski dinding rumahnya terbuat dari Bambu (gedek, madura-red), atap rumah dari genteng. Sedangkan cagaknya sudah terbuat dari kayu yang dulunya dari bambu.(Abas)
Baca Juga:  Tudingan Dugaan Pemerasan Kasus 'PRONA', Ini Dia Pernyataan Kades Marparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.