Desa Gunosari Menata Kepemerintahan Tahun 2018 Melalui Musrenbangdes

0
1098
Desa Gunosari Menata Kepemerintahan Tahun 2018 Melalui Musrenbangdes
Suasana saat Musrenbangdes Desa Gunosari (Foto:Gofur) 
BONDOWOSO, Radar-X.Net – Musrenbang Desa adalah forum perencanaan yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.
Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa. Kali ini Pemerintah Desa Tlogosari melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa(Musrenbangdes) di pendopo Balai Desa Gunosari, Kec. Tlogosari Kab. Bondowoso. Rabu(25/01/2017).
Pada kesempatan kali ini, acara diawali dengan sambutan Sekretaris Kecamatan(sekcam) Tlogosari, dalam sambutannya menyamapaikan, bahwa Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.
“Setiap tahun pada bulan Januari, biasanya didesa-desa diselenggarakan musrenbang untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa(RKP Desa).” Paparnya.
Dijelaskannya, Penyusunan dokumen RKP Desa selalu diikuti dengan penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), karena suatu rencana apabila tanpa anggaran sepertinya akan menjadi dokumen atau berkas belaka. Kedua dokumen ini tidak terpisahkan, dan disusun berdasarkan musyawarah dan mufakat. RKP Desa dan APB Desa merupakan dokumen dan infomasi publik. Pemerintah desa merupakan lembaga publik yang wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat. Keterbukaan dan tanggung gugat kepada publik menjadi prinsip penting bagi pemerintah desa.
“Dengan adanya Musrenbang desa dilaksanakan mulai awal januari untuk menata masa depan desa yang lebih maju untuk melaksanakan pembangunan oleh pemerintah tingkat desa dan melaksanakan sesuai dengan  UUD 25 tahun 2004 dalam perencanaan yang di alokasiakan ke swadaya dan fisik.” Jelas Sekcam lebih lanjut.
Disamping itu, kepala puskesmas Tlogosari juga menyampaikan, ia menghimbau kepada masyarakat desa Gunungsari agar saling menjaga keharmonisan antar Agama. “Dengan adanya musrembang desa kami harap dana yang di kucurkan oleh pemerintah yang melalui Dana Desa dan ADD supaya tidak salah sasaran.” Tandasnya.
Selain itu, perwakilan dari dinas pendidikan juga menyamapaikan, bahwa Pendidikan adalah salah satu infrastruktur yang sangat berguna bagi masyarakat.
Dalam pantauan RADAR-X di lokasi, Acara tersebut di hadiri oleh Muspika Kec.Tlogosari, kepala puskesmas, Kec. Tlogosari, tokoh masyarakat dan ketua RT yang ada di desa Gunosari. acara berlangsung kondusif, aman dan sejahtera, dan di tutup dengan pembacaan doa.(Gofur)
Baca Juga:  Pemerintah Bulukumba Undang Wisatawan dan Rakyat Sulsel Hadiri Event Festival Phinisi 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.