Dibalik Keindahan Bukit Gunung SucoLor, Tersimpan Sejuta Pesona Alam

0
1333
Dibalik Keindahan Bukit Gunung SucoLor, Tersimpan Sejuta Pesona Alam
Air Terjun Tancak Suco, (Foto:Abas) 

BONDOWOSO – Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.

Menikmati alam pegununungan memang tak ada habisnya. Dan masih banyak potensi wisata di pegunungan Argopuro yang masih belum di kunjungi dan diketahui oleh masyarakat. Air terjun Sucolor ini bisa juga dijadikan salah satu tujuan akhir pekan atau alternatif liburan.
Air terjun yang satu ini merupakan obyek alam yang layak dikunjungi para petualang atau peminat wisata minat khusus, yaitu air terjun Tancak Suco yang berada di Dusun Dawuhan, Desa Suco Lor, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
Air Terjun Tancak Suco biasa dikenal dengan “SENANCAK” yang berada di lereng timur Pegunungan Argopuro atau tepatnya di lereng Gunung Gilap ini merupakan air terjun bersusun yang sangat indah dan menyimpan banyak misteri tentang keberadaannya. Bagi peminat kegiatan hiking, trail dan off-road, lokasi di kawasan ini patut dipertimbangkan menjadi target kunjungan. Akses menuju Air Terjun Tancak Suco relatif mudah. Dibutuhkan stamina yang cukup untuk mengatasi tantangan jalur off-road.
Air terjun Tancak Suco yang bersusun dan berundak ini berair dingin karena bersumber dari atas gunung. Dikelilingi kebun kopi Perhutani dan tegakan pohon hutan yang tinggi, sangat sesuai untuk melepas kepenatan dan mendapatkan kesegaran baru. Dan bagian atas yang kelihatannya lebih spektakuler.
Lokasi keberadaan air terjun tancak ini di penuhi dengan situs-situs megalitikum, yang menunjukkan bahwa, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu Kabupaten dengan jumlah peninggalan zaman megalitikum yang cukup besar. Potensi ini yang perlu dikemas untuk menjadikan icon “Bondowoso Herritage”. Apalagi bila dipadukan dengan potensi budaya dan pemandangan alam, akan sangat menarik bagi tujuan pariwisata.
Akses jalur yang dilalui adalah jalan setapak, persawahan, perbukitan, jalan aspal, jalan berbatu, jalan perkebunan kopi dan jalan setapak hutan. Jalur ini sangat sesuai untuk track roda 2. Bahkan dengan kendaraan matic pun jalur ini dapat dilalui. Perjalanan sepanjang 10 Km dari pasar maesan berakhir di areal parkir di bawah pohon kopi. Lalu masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai air terjun Tancak Suco.

Menurut Arjuno,(27), salah satu pengunjung, saat berbincang dengan radar-x.net, mengungkapkan, air terjun ini bisa menjadi suatu kebanggaan bagi Desa ini, karena selain extreem, tapi mudah dijangkau. ” katanya. Minggu (07/08/2016)
Sementara itu, Informasi yang dihimpun radar-x.net. Pada Tahun 2014 pemerintah penawarkan pengelolahan wisata yang ada di Desa Sucolor, akan tetapi sebagian warga menolak untuk dikelola, alasannya, karna warga setempat khawatir merusak generasi pergaulan kaum muda Desa Sucolor khususnya Dusun Dawuhan. Masyarakat memandang kalo air terjun ini dikelola maka secara otomatis pemuda pemudi di sini akan terbawa arus karna kalo udah dikelola pasti banyak pengunjung dari luar daerah.
“Buktinya sekarang saja belum dikelola sudah banyak pengunjung dari luar daerah mas, pengunjung paling banyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Apalagi klo hari libur pengunjungnya dari berbagai daerah tambah mas.” Ujar salah satu warga Dusun Dawuhan.

Sedangkan potensi yang ada di Desa Sucolor ini sangat bagus ketika dikelola oleh pihak Desa setempat, karna cukup bagus untuk menambah PADes. Ketika wisata air terjun ini dikelola oleh pihak Desa maka secara otomatis akan menambah Pendapatan Asli Desa dan juga bagus untuk kemakmuran masyarakat Desa Sucolor khususnya. Karna ketika dikelola dengan baik. Secara tidak langsung warga Dawuhan akan semakin bagus perekonomiannya seperti halnya di wisata alam Rembangan Jember. Otomatis mengurangi angka pengangguran dan menambah perekonomian masyarakat.(Abas/Abror).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.