Sosialisai Cara Pemberdayaan Bibit Ikan Air Tawar

0
402
Sosialisai Cara Pemberdayaan Bibit Ikan Air Tawar
Foto : Abas 
BONDOWOSO –  Dinas Perikananan dan Peternakan mengadakan Sosialisasi Kegiatan Pematangan Teknologi Adaptif, dengan Penyediaan Benih di Kabupaten Bondowoso, dengan menekankan bagaimana melakukan budidaya ikan air tawar di lahan yang sempit dan menghemat penggunaan air sekaligus mengkombinasikan dengan budidaya tanaman buah dan sayur.
Pemberdayaan Bibit/benih yang dihadiri oleh Kabid. Hadi Pranoto, dan staf Dinas Perikanan Bondowoso, serta diikuti Oleh beberapa warga setempat. Yang bertempat di rumah Muhammmad nizar RT. 02 RW. 01, Kejawan Krajan, Desa Kejawan. Kecamatan Grujugan, Kab. Bondowoso. Senin (25/04/2016) Pukul 09:00 WIB.
Hadi Pranoto, selaku Kabid. Menjelaskan bahwa, ”Penerima bantuan kolam maupun benih harus berbadan hukum,” dan menghimbau kepada seluruh masyarakat yang dapat bantuan kolam maupun benih supaya dirawat dan di kelola secara produktif. Ujarnya
Tujuan pemerintah memberi bantuan kolam dan benih ini supaya masyarakat mempunyai usaha produktif. Benih yg di tebar adalah benih lele. Bentuk kolam bantuan ini ada dua macam kolam diantaranya kolam yang menggunakan terpal dan kolam permanin yang menggunakan kolam tembok. Jelasnya.
“Dana bantuan kolam dan benih ini ada sumber dana yang berbeda-beda, di antaranya Dana DAK Pusat, ada dana dari Cukai, dan  ada yang dari APBD,” Agar supaya administrasinya di lengkapi dan melalui prosedur, supaya bantuan tersebut tidak bermaslah, Tambah Hadi.
Hal senada juga disampaikan Pak Amsal selaku penyuluh menambahkan dan menawarkan budidaya ikan sidag/oleng. Yang mana pasaran ikan tersebut cukup lumayan mahal harganya dalam 1 kg. seharga 200 ribu rupiah, Paparnya.
Adapun cara penebaran benih untuk kolam yang permanen dan masih baru, ketika mau nebar benih, supaya disterilkan kolamnya dan menunggu sampai airnya berwarna biru ke ijowan, baru benih bisa di tebar. Dengan alasan agar supaya benih tidak mati, Pungkasnya.(Abas/nuzul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.